Penelitian merupakan
upaya untuk mengembangkan pengetahuan, mengembangkan dan menguji teori. Mc Milan dan Schumacher
Mengutip pendapat Walberg (1986), ada
lima langkah pengembangan pengetahuan melalui penelitian, yaitu (1)
mengindetifikasi masalah penelitian, (2) melakukan studi empiris, (3) melakukan
replikasi atau pengulangan, (4) menyatukan (sintesis) dan mereviu, (5)
menggunakan dan mengevaluasi oleh pelaksanaan.
Paradigma penelitian merupakan kerangka berpikir yang menjelaskan bagaimana cara pandang
peneliti terhadap fakta kehidupan sosial dan perlakuan peneliti terhadap ilmu
atau teori. Paradigma penelitian juga menjelaskan bagaimana peneliti memahami
suatu masalah, serta kriteria pengujian sebagai landasan untuk menjawab masalah penelitian.
Paradigma
penelitian diabdikan untuk menjawab masalah dan menjelaskan pencapaian tujuan penelitian
sesuai dengan karakteristik data yang akan dikumpulkan, dan bukan sebaliknya.
Oleh karena itu, pemahaman peneliti mengenai masalah penelitian apa yang akan
dipecahkan melalui penelitian, tujuan apa yang akan dicapai, dan bagaimana
karakteristik data yang akan dikumpulkan sangat penting sebelum menetapkan
paradigma tertentu yang akan dipilih. Ibaratnya, paradigma penelitian merupakan
alat potong atau pisau bedah yang akan digunakan peneliti untuk membedah “hutan
masalah” penelitian. Itu berarti, jenis dan karakteristik
“hutan masalah” akan mengarahkan peneliti dalam memilih alat potong atau pisau
bedah tertentu.
SUMBER