Metode deskriptif
kesinambungan
Metode deskriptif dapat diartikan
sebagai penelitian yang dilakukan secara terus menerus atau berkesinambungan
sehingga diperoleh pengetahuan yang menyeluruh mengenai masalah, fenomena, dan
kekuatan-kekuatan sosial yang diperoleh jika hubungan-hubungan fenomena dikaji
dalam suatu periode yang lama.
Menurut Nazir (1988: 65) mendefinisikan
metode deskriptif berkesinambungan atau continuity descriptive research sebagai
kerja meneliti secara deskriptif yang dilakukan secara terus menerus atas suatu
objek penelitian. Salah satu contoh metode penelitian deskriptif
berkesinambungan ini dilakukan oleh Whitney dan Milholland (1930) yang
mempelajari status akademis dari mahasiswa tingkat persiapan dari Colorado
State College of Education pada tahun 1930. Penelitian dilakukan
dalam waktu empat tahun, dengan menelusuri status akademis sejak tingkat
persiapan sampai dengan lulus sarjana muda.
SUMBER