KUALI = KASUS
A case study is an
exploration of a ‘bounded system’ or a case (or multiple cases) over time
through detailed, in-depth data collection involving multiple sources of
information rich in context (Creswell, 1988, 61).
Case study research
is a qualitative research approach in which
the investigator explore a bounded system (a case) or multiple bonuded systems (cases) over time through detailed, indepth data collection involving multiple source information (e.g., observations, interviews, audiovisual material, and documents and reports), and reports a case description and case-based themes (Creswell, 2007, 73).
the investigator explore a bounded system (a case) or multiple bonuded systems (cases) over time through detailed, indepth data collection involving multiple source information (e.g., observations, interviews, audiovisual material, and documents and reports), and reports a case description and case-based themes (Creswell, 2007, 73).
Case study is not a
methodological choice but a choice of what to be studied
(Stake, 2005, 443).
Menurut kelompok pengertian ini, pada penelitian kualitatif, terdapat obyek
penelitian yang harus dipandang secara khusus, agar hasil penelitiannya mampu
menggali substansi terperinci dan menyeluruh dibalik fakta. Obyek penelitian
yang demikian, yang disebut sebagai ‘kasus’, harus dipandang sebagai satu
kesatuan sistem dibatasi (bounded system) yang terikat pada tempat dan
kurun waktu tertentu. Sebagai sistem tertutup, kasus terbentuk dari banyak
bagian, komponen, atau unit yang saling berkaitan dan membentuk suatu fungsi
tertentu (Stake, 2005). Oleh karena itu, dibutuhkan suatu metoda yang tepat untuk untuk dapat mengungkapkan mengapa dan bagaimana bagian,
komponen, atau unit tersebut saling berkaitan untuk membentuk fungsi. Metoda
tersebut harus mampu menggali fakta dari berbagai sumber data, menganalisis dan menginterpretasikannya
untuk mengangkat substansi mendasar yang terdapat dibalik kasus yang diteliti.
Metoda penelitian tersebut adalah metoda penelitian studi kasus.
Oleh karena itu, tidak semua obyek dapat diteliti dengan menggunakan
penelitian studi kasus (Flyvbjerg 2006; Stake, 1995 dan 2005; Creswell, 1998).
Menurut Creswell (1998), suatu obyek dapat diangkat sebagai kasus apabila obyek
tersebut dapat dipandang sebagai suatu sistem yang dibatasi yang terikat dengan
waktu dan tempat kejadian obyek. Mengacu pada kriteria tersebut, beberapa obyek
yang dapat diangkat sebagai kasus dalam penelitian studi kasus adalah kejadian
atau peristiwa (event), situasi, proses, program, dan kegiatan (Stake,
1995; Creswell, 1998; Hancock dan Algozzine, 2006), seperti yang dijelaskan
oleh Creswell (2002) berikut ini:
A case study is a
problem to be studied, which will reveal an in-depth understanding of a “case”
or bounded system, which involves understanding an event, activity, process, or
one or more individuals (Creswell, 2002, 61).
Creswell (1998) menjelaskan bahwa suatu penelitian dapat disebut sebagai
penelitian studi kasus apabila proses penelitiannya dilakukan secara mendalam
dan menyeluruh terhadap kasus yang diteliti, serta mengikuti struktur studi
kasus seperti yang dikemukakan oleh Lincoln dan Guba (1985), yaitu:
permasalahan, konteks, isu, dan pelajaran yang dapat diambil. Banyak penelitian
yang telah mengikuti struktur tersebut tetapi tidak layak disebut sebagai
penelitian studi kasus, karena tidak dilakukan secara menyeluruh dan mendalam.
Penelitian-penelitian tersebut pada umumnya hanya menggunakan jenis sumber
data yang terbatas, tidak menggunakan berbagai sumber data seperti yang
disyaratkan dalam penelitian studi kasus, sehingga hasilnya tidak mampu mengangkat
dan menjelaskan substansi dari kasus yang diteliti secara fundamental dan
menyeluruh. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian dan kecermatan untuk
mencantumkan kata ‘studi kasus’ pada judul suatu penelitian, khususnya
penelitian kualitatif.
Sementara itu, kelompok pengertian yang kedua berkembang berdasarkan pendapat Yin (1984;
2003a; 2009), yang secara khusus memandang dan menempatkan
penelitian studi kasus sebagai sebuah metoda penelitian. Creswell menyebut metoda
penelitian studi kasus sebagai salah satu strategi
penelitian kualitatif (Creswell, 1998). Kebutuhan terhadap
metoda penelitian studi kasus dikarenakan adanya keinginan dan tujuan peneliti
untuk mengungkapkan secara terperinci dan menyeluruh terhadap obyek yang
diteliti. Pada pengertian yang dikemukakanya, Yin (1984; 2003a; 2003b; 2009) tidak secara eksplisit menyebut obyek penelitian
studi kasus sebagai kasus, tetapi ia menyebut ciri-ciri dari obyek tersebut,
yang menggambarkan ciri-ciri suatu kasus. Untuk lebih jelasnya, perhatikan kutipan
berikut ini:
The case study
research method as an empirical inquiry that investigates a contemporary
phenomenon within its real-life context; when the boundaries between phenomenon
and context are not clearly evident; and in which multiple sources of evidence
are used (Yin, 1984, 23; Yin, 2003a, 13).
Menurut pengertian di atas, penelitian studi kasus adalah sebuah metoda
penelitian yang secara khusus menyelidiki fenomena kontemporer yang terdapat
dalam konteks kehidupan nyata, yang dilaksanakan ketika batasan-batasan antara
fenomena dan konteksnya belum jelas, dengan menggunakan berbagai sumber data.
Dalam kaitannya dengan waktu dan tempat, secara khusus Yin (2003a; 2009)
menjelaskan bahwa obyek yang dapat diangkat sebagai kasus bersifat kontemporer,
yaitu yang sedang berlangsung atau telah berlangsung tetapi masih menyisakan
dampak dan pengaruh yang luas, kuat atau khusus pada saat penelitian dilakukan.
Secara sekilas, metoda penelitian ini sama dengan metoda penelitian kualitatif
pada umumnya. Tetapi jika penjelasan Yin (2003a) secara teoritis maupun dalam
bentuk contoh-contoh praktisnya (Yin, 2003b) dipelajari lebih seksama, maka
akan didapatkan beberapa kekhususan yang menyebabkan metoda penelitian ini
memiliki perbedaan siginifikan dengan metoda penelitian kualitatif lainnya.
Pada perkembangan penggunaanya, dibandingkan dengan kelompok yang pertama,
kelompok ini lebih banyak diikuti, karena melalui buku-bukunya, Yin dianggap
mampu menjelaskan secara terperinci kekhususan metoda penelitian studi kasus
yang harus diikuti berikut dengan contoh-contoh terapannya (Meyer, 2001).
Salah satu kekhususan penelitian studi kasus sebagai metoda penelitian adalah pada tujuannya. Penelitian studi kasus sangat tepat digunakan pada penelitian yang bertujuan menjawab pertanyaan ‘bagaimana’ dan ‘mengapa’ (Yin, 2003a, 2009) terhadap sesuatu yang diteliti. Melalui pertanyaan penelitian yang demikian, substansi mendasar yang terkandung di dalam kasus yang diteliti dapat digali dengan mendalam. Dengan kata lain, penelitian studi kasus tepat digunakan pada penelitian yang bersifat eksplanatori, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk menggali penjelasan kasualitas, atau sebab dan akibat yang terkandung di dalam obyek yang diteliti. Penelitian studi kasus tidak tepat digunakan pada penelitian eksploratori, yaitu penelitian yang berupaya menjawab pertanyaan ‘siapa’, ‘apa’, ‘dimana’, dan ‘seberapa banyak’, sebagaimana yang dilakukan pada metoda penelitian eksperimental (Yin, 2003a; 2009).
Kekhususan penelitian studi kasus yang lain adalah pada sifat obyek yang diteliti. Menurut Yin (2003a; 2009), kasus di dalam penelitian studi kasus bersifat kontemporer, masih terkait dengan masa kini, baik yang sedang terjadi, maupun telah selesai tetapi masih memiliki dampak yang masih terasa pada saat dilakukannya penelitian. Oleh karena itu, penelitian studi kasus tidak tepat digunakan pada penelitian sejarah, atau fenomena yang telah berlangsung lama, termasuk kehidupan yang telah menjadi tradisi atau budaya. Sifat kasus yang demikian juga didukung oleh Creswell (1998) yang menyatakan bahwa penelitian studi kasus berbeda dengan penelitian grounded theory dan phenomenologi yang cenderung berupaya meneliti teori-teori klasik, atau defintif, yang telah mapan (definitive theories) yang terkandung di dalam obyek yang diteliti.
Salah satu kekhususan penelitian studi kasus sebagai metoda penelitian adalah pada tujuannya. Penelitian studi kasus sangat tepat digunakan pada penelitian yang bertujuan menjawab pertanyaan ‘bagaimana’ dan ‘mengapa’ (Yin, 2003a, 2009) terhadap sesuatu yang diteliti. Melalui pertanyaan penelitian yang demikian, substansi mendasar yang terkandung di dalam kasus yang diteliti dapat digali dengan mendalam. Dengan kata lain, penelitian studi kasus tepat digunakan pada penelitian yang bersifat eksplanatori, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk menggali penjelasan kasualitas, atau sebab dan akibat yang terkandung di dalam obyek yang diteliti. Penelitian studi kasus tidak tepat digunakan pada penelitian eksploratori, yaitu penelitian yang berupaya menjawab pertanyaan ‘siapa’, ‘apa’, ‘dimana’, dan ‘seberapa banyak’, sebagaimana yang dilakukan pada metoda penelitian eksperimental (Yin, 2003a; 2009).
Kekhususan penelitian studi kasus yang lain adalah pada sifat obyek yang diteliti. Menurut Yin (2003a; 2009), kasus di dalam penelitian studi kasus bersifat kontemporer, masih terkait dengan masa kini, baik yang sedang terjadi, maupun telah selesai tetapi masih memiliki dampak yang masih terasa pada saat dilakukannya penelitian. Oleh karena itu, penelitian studi kasus tidak tepat digunakan pada penelitian sejarah, atau fenomena yang telah berlangsung lama, termasuk kehidupan yang telah menjadi tradisi atau budaya. Sifat kasus yang demikian juga didukung oleh Creswell (1998) yang menyatakan bahwa penelitian studi kasus berbeda dengan penelitian grounded theory dan phenomenologi yang cenderung berupaya meneliti teori-teori klasik, atau defintif, yang telah mapan (definitive theories) yang terkandung di dalam obyek yang diteliti.